Inilah 6 Manfaat Jus Timun Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan!

Di kalangan masyarakat Indonesia, timun kerap kali disajikan sebagai makanan pendamping seperti lalapan untuk menambah cita rasa suatu masakan tertentu. Namun sebenarnya tidak hanya bisa dimakan secara langsung dalam bentuk aslinya. Timun juga tak kalah nikmat diolah menjadi minuman segar dalam bentuk es timun serut atau bahkan jus timun. Apalagi, ada begitu banyak manfaat jus timun bagi kesehatan. Berikut penjelasannya!

Manfaat Jus Timun bagi Kesehatan Tubuh

Psst…tahukah Kamu bahwa ada berbagai manfaat jus timun untuk kesehatan? Dilansir dari laman food.ndtv.com, ada berbagai zat dan vitamin yang tersimpan di dalam timun.

Menurut Shilpa Arora, selaku Health Practitioner, Nutritionist and Certified Macrobiotic Health Coach, timun mengandung magnesium, phosphorus, riboflavin, vitamin B6, asam folat, asam pantotenat, zat besi, silika, kalsium, seng, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, timun memiliki sifat diuretik serta efek pendingin yang membuat timun banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh dan kulit.

Berbagai kandungan ini tidak hanya membantu tubuh lebih fit, namun juga bisa menjaga kecantikan kulit. Bisa jadi, inilah yang membuat Liv Tayler tampil awet muda. Ia memang dikenal sebagai salah satu selebriti Hollywood yang tak pernah absen minum jus timun.

Lalu, apa lagi manfaat jus timun bagi kesehatan Kamu dan keluarga?

  • Membantu Menghidrasi Tubuh

Tubuh kita tidak bisa berfungsi baik jika tidak memperoleh cairan yang cukup. Itulah sebabnya jangan sampai Kamu dan keluarga mengalami dehidrasi. American Academy of Family Physicians menyatakan bahwa setiap orang perlu minum setidaknya enam hingga delapan gelas air mineral setiap hari.

Tapi, minum air mineral memang kerap kali “membosankan” bagi sebagian besar orang. Akali dengan infused water dengan menambahkan irisan timun di dalamnya. Kamu juga bisa membuat jus timun karena manfaat jus timun juga membantu mencegah dehidrasi.

  • Menjaga Pencernaan

Manfaat jus timun selanjutnya adalah menjaga pencernaan tubuh. Timun merupakan salah satu buah yang rendah kalori, tetapi tinggi vitamin serta mineral.

Setidaknya dalam 300 gram timun mentah—termasuk kulitnya mengandung setidaknya 45 ons kalori, 11 gram karbohidrat, 2 gram protein, 2 gram serat, 14% vitamin C, 62% vitamin K, 10% magnesium, 13% kalium dan 92% air. Cocok untuk dimasukkan dalam menu sehat tinggi serat, vitamin dan mineral.

  • Mengandung Antioksidan Tinggi

Antioksidan merupakan senyawa yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Ketika tubuh terlalu banyak menyerap radikal bebas maka orang tersebut sangat rentan mengalami penyakit kronis seperti kanker, stroke, jantung hingga kerusakan pada paru-paru. Bagi ibu hamil, radikal bebas bisa menyebabkan kelahiran cacat pada bayi hingga keguguran. Timun menyimpan banyak antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit tersebut.

Dalam timun, terkandung sifat diuretik yang membantu bakteri, racun-racun dan zat hasil metabolisme untuk keluar dari tubuh melalui urin. Cara ini dikenal juga sebagai detoksifikasi. Tubuh pun akan jadi lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan racun.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Menjaga berat badan tetap stabil dan membantu menurunkan berat badan menjadi manfaat jus timun selanjutnya. Pernahkah Kamu merasa lapar dan ingin terus menyantap makanan padahal Kamu baru saja menyantap seporsi nasi beserta lauk pauknya? Jika ya, bisa jadi kondisi ini karena tubuh Kamu sedang membutuhkan cairan.

Hindari minuman mengandung soda, sports drink, atau minuman manis lainnya dengan jus atau air timun. Minuman ini mampu membantu mengurangi kalori di tubuh.

Minuman air timun akan membantu Kamu merasa lebih kenyang dengan kadar kalori yang sangat rendah. Coba, deh! Jika Kamu tidak merasa lapar lagi setelah minum air metimun, tandanya Kamu hanya sedang merasakan haus.

  • Membantu Memberi Zat Antioksidan

Manfaat jus timun selanjutnya ialah mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini seperti yang dikatakan oleh B.N. Sinha, ahli Ayuverdic yang mengatakan bahwa timun mengandung antioksidan seperti vitamin C, beta carotene, manganese, molybdenum, serta beberapa senyawa flavonoid yang membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Setidaknya ada beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan timun. Sebut saja penyakit diabetes, penyakit jantung, Alzheimer, penyakit mata, hingga kanker.

Hal ini karena selain mengandung antioksidan, timun juga kaya akan lignans. Journal of Cancer Research bahkan sangat menyarakankan untuk setiap orang mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid fisetin. Nah, kandungan di atas ada pada timun sehingga membantu meminimalkan risiko kanker prostat.

  • Baik Bagi Kamu yang Sedang Hamil

Manfaat jus timun selanjutnya dapat dirasakan oleh Kamu yang sedang hamil. Timun kaya akan vitamin C, B1, B3, B2, zat besi, seng dan asam folat. Kandungan ini membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Tak hanya itu saja, kandungan kolagen yang ada pada timun juga akan membantu mengurangi selulit pada perut sebagai salah satu dampak dari kehamilan.

Itulah beberapa manfaat timun untuk kesehatan.  Untuk mendapatkan timun aneka jenis tersebut Kamu dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian timun yang lengkap, di platform ini Kamu juga akan mendapatkan timun dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin timun yang akan Kamu terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *