Manfaat Manis Buah Melon untuk Ibu Hamil

source gambar : tanihub.com

Buah melon punya rasa yang manis dan segar pastinya disukai banyak kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Tidak terkecuali untuk ibu hamil, buah melon memilih beragam manfaat memenuhi kebutuhan nutrisi yang menunjang kesehatan ibu dan janin.

Dalam seporsi buah melon atau setara dengan 150 gram buah melon, terkandung sekitar 60–75 kalori dan 150 ml air. Nutrisi dalam melon berupa: karbohidrat, protein, serat,lemak, folat, vitamin C, kalsium,  magnesium, kalium, fosfor dan gula. Selain itu melon juga mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin K, zinc, kolin, dan lutein.

Dengan beragam kandungan tersebut, berikut manfaat buah melon untuk ibu hamil:

  • Membantu perkembangan janin

Rutin mengonsumsi 200 gram buah melon dapat memenuhi kebutuhan 10% harian folat bagi ibu hamil. Asupan folat sangat penting khususnya pada trisemester awal kehamilan, karena folat berperan pada perkembangan sistem saraf janin serta pembentukan sel darah merah pada ibu hamil.

Pemenuhan nutrisi ini juga dapat mencegah sejumlah kondisi cacat lahir, seperti anensefali dan spina bifida, serta anemia. Namun selain melon, lengkapi kebutuhan folat harian dengan beragam asupan seperti sayuran, daging, telur, ikan dan kacang-kacangan sebagai tambahan asupan folat.

  • Menjaga kestabilan tekanan darah

Di masa kehamilan, tekanan darah kerap mudah berubah, penyebabnya bisa karena perubahan fisik yang terjadi pada tubuh ibu hamil sebab tumbuh kembang janin. Jika tekanan darah tidak terkontrol, tekanan darah menjadi lebih tinggi hingga menyebabkan hipertensi.

Hipertensi tidak baik pada kesehatan ibu hamil maupun janin. Melon memilih kandungan kalium yang tinggi serta rendah natrium yang berperan mengatus kestabilan tekanan darah.

  • Menjaga kestabilan kadar gula darah

Selain tekanan darah, kestabilan kadar gula pada ibu hamil juga penting. Kadar gula darah terlalu tinggi selama kehamilan berisiko menimbulkan beragam masalah kesehatan serius, misalnya diabetes gestasional.

Kondisi teraebut bisa meningkatkan risiko masalah pada kehamilan, misalnya ukuran janin terlalu besar, cacat lahir pada janin, hingga keguguran. Melon dapat membantu menghindari kemungkinan tersebut.

  • Mencegah dehidrasi

Di masa kehamilan, ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah yang menyebabkan kekurangan cairan  dalam tubuh atau dehidrasi. Untuk mengganti cairan yang dikeluarkan, ibu hamil harus mengonsumsi air putih dan makan yang teratur.

Mengonsumsi melon juga membantu mencegah sebab melon memiliki kandungan air hingga 90% di dalamnya.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Daya tahan tubuh diperlukan agar selama kehamilan tidak mudah terserang penyakit dan infeksi yang bisa menyebabkan masalah serius pada ibu hamil maupun janin. Konsumsi makanan bergizi menjadi cara memperkuat daya tahan tubuh.

Makanan bergizi bisa berupa buah dan sayur, termasuk melon yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Tiap 100 gram melon sudah dapat memenuhi 25% kebutuhan harian vitamin C untuk ibu hamil.

  • Mencegah dan mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi juga merupakan keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Sembelit terjadi akibat perubahan hormon saat hamil yang memengaruhi saluran cerna atau Kurangnya asupan serat ketika hamil.

Kandungan serat dan  air mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil. Selain memperbanyak minum air putih dan konsumsi sayur dan buah lainnya.

Dapatkan melom segar berkualitas langsung dari petani. Tidak perlu ke sawah, cukup belanja di patform TaniHub sebagai penyedia sayur dan buah dari petani, kebutuhan dapur jadi makin mudah dijangkau dengan aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *