Mending Mana Ya, Bikin Kartu Kredit atau Daftar Aplikasi Kredit?

Alt Text for Image: aplikasi kredit

Buat kamu yang tertarik daftar dan punya layanan kredit, saat ini ada dua pilihan yang tersedia: kartu kredit bank atau aplikasi kredit seperti Kredivo. Kalo dulu, kartu kredit adalah primadona dalam urusan kredit-perkreditan. 

Sekarang, tren sepertinya mulai bergeser ke arah aplikasi kredit. Di mana, selain syarat dan cara pendaftarannya lebih mudah, layanan kredit online juga menawarkan berbagai keuntungan yang nggak kalah menariknya dari kartu kredit bank. 

Daripada bingung harus pilih yang mana, ada baiknya kamu memahami dulu kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit bank dan aplikasi kredit online seperti Kredivo. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. 

Langsung aja, yuk kita simak perbandingan kartu kredit vs aplikasi untuk kredit berikut ini. 

Perbandingan Kelebihan Kartu Kredit vs Aplikasi Kredit

Berikut ini adalah berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki kartu kredit bank: 

  1. Meski proses pendaftarannya panjang dan agak susah, kartu kredit bank bisa dibilang lebih terjamin keamanannya karena dilindungi sistem keamanan khusus. Jika sewaktu-waktu kartu kreditmu hilang, kamu bisa segera menghubungi pihak bank untuk memblokir kartu kredit agar tidak disalahgunakan orang lain. 
  2. Bisa mempermudah transaksi baik online atau offline, di mana saja dan kapan saja. Tidak terbatas pada merchant tertentu selama merchant tersebut bekerja sama dengan VISA dan MasterCard. 
  3. Setiap transaksi, pengguna biasanya akan menerima poin reward yang bisa diredeem sesuai dengan kebijakan bank. 
  4. Banyak promo merchant dan bisa cicilan 0%.
  5. Bisa tarik tunai sebagai pinjaman instan tanpa jaminan via ATM bank terkait. 
  6. Bisa menjadi instrumen untuk membangun reputasi serta skor kredit perbadi. Ini akan berguna bagi nasabah sebagai bahan kelayakan jika di masa depan ingin mengajukan pinjaman dalam jumlah besar ke lembaga keuangan. 

Sementara itu, berikut ini adalah berbagai kelebihan yang bisa kamu dapat jika daftar aplikasi atau layanan kredit seperti Kredivo: 

  1. Syarat pendaftarannya terbilang sangat mudah. Kredivo sendiri memiliki 3 syarat utama: (1) pendaftar sudah berusia minimal 18 tahun. (2) Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. (3) Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 
  2. Cara daftarnya juga nggak kalah mudah dengan syarat daftar. Biasanya via online di website atau aplikasi resmi dari fintech terkait, dengan proses approval 1 x 24 jam.
  3. Aplikasi untuk kredit online juga bisa digunakan untuk transaksi di merchant online atau offline, selama aplikasi tersebut bermitra dengan merchant-merchantnya. Contoh: Kredivo memiliki 1000+ mitra merchant online dan offline yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Lazada, Blibli, Electronic City, Erafone, IKEA online, McDonalds, sampai Alfamart. 
  4. Banyak promo merchant dan bisa cicilan 0%. Kredivo adalah salah satu aplikasi fintech yang memiliki program cicilan 0% khusus untuk tenor cicilan 1 bulan dan 3 bulan. Hanya dengan minimum pembelanjaan Rp 500 ribu, tanpa perlu uang muka.  
  5. Bisa bayar nanti (pay later), bisa cicilan, bisa tarik tunai dengan cara ajukan pinjaman tunai langsung dari aplikasi fintech terkait. 
  6. Saat ini, aplikasi untuk kredit online juga bisa menjadi jalan untuk membangun skor kredit. Tidak lagi terbatas pada kartu kredit aja. 
  7. Karena berbasis online, aplikasi kredit tidak membebankan biaya lain-lain selain biaya saat transaksi. Jika tidak melakukan transaksi, maka tidak akan ada tagihan. 

Perbandingan Kekurangan Kartu Kredit vs Aplikasi Kredit

Kalau tadi kelebihan, sekarang kita bahas kekurangan dari kartu kredit dan aplikasi kredit supaya berimbang dan bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih salah satunya. Berikut ini adalah kekurangan kartu kredit bank: 

  1. Syarat pengajuan kartu kredit cukup ketat dan prosesnya cukup panjang karena melibatkan verifikasi data dan survei. 
  2. Banyak biaya tambahan. Mulai dari biaya kartu, biaya layanan, biaya penalti, biaya tahunan, dan lain-lain. 
  3. Adanya risiko phising dan skimming pada kartu kredit. Di mana dua modus penipuan ini berpotensi untuk membobol kartu kredit dan juga mencuri data-data pribadi pemegangnya. 
  4. Berpotensi membuat konsumtif. 

Bagaimana dengan aplikasi fintech? Nah, berikut ini kekurangannya: 

  1. Pilihan merchant untuk transaksi masih terbatas. Terutama merchant offline. Tidak banyak aplikasi fintech yang sudah bermitra dengan merchant offline. Kredivo adalah salah satu yang unggul karena pilihan merchantnya banyak. 
  2. Adanya risiko pembajakan akun di aplikasi fintech yang berpotensi menguras limit kredit yang kita miliki. Oleh karena itu, penting untuk memilih aplikasi yang keamanannya terjamin. Kita pun harus ekstra hati-hati menjaga akun kredit di aplikasi yang kita pilih. 
  3. Berpotensi membuat konsumtif karena promonya nggak kalah masif dengan kartu kredit. 
  4. Tenor cicilan yang ditawarkan aplikasi kredit biasanya tidak sepanjang yang ditawarkan kartu kredit. Umumnya maksimal sampai 12 bulan, sementara kartu kredit bisa sampai 2 tahun. 

Setelah melihat perbandingan di atas, yang mana yang paling pas dengan kebutuhan dan paling menarik minatmu, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *